Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

SCREENING KESEHATAN DALAM KEGIATAN POSBINDU NARAPRAJA DI LINGKUNGAN BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH DIY

Bertempat di Lobby Gedung Arsip Badan Kepegawaian Daerah DIY, hari Rabu, 13 Juli 2022, Badan Kepegawaian Daerah DIY melaksanakan screening kesehatan dalam kegiatan POSBINDU NARAPRAJA di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini bekerjasama dengan Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta, dengan indikator kesehatan yang dicek antara lain berat badan, tensi darah, lingkar perut, kolesterol dan gula darah. POSBINDU (Pos Binaan Terpadu) NARAPRAJA merupakan peran serta pegawai dalam melakukan kegiatan deteksi diri dan pemantauan faktor resiko Penyakit Tidak Menular utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor resiko Penyakit Tidak Menular, meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, makan tidak sehat, kurang aktifitas, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara faktor resiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merunjuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Kelompok Penyakit Tidak Menular utama adalah Diabetes Mellitus, kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit paru abstruktuf kronis, dan gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan.

Sasaran POSBINDU sudah beda dari sasaran POSYANDU yang lebih mencakup bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas dan wanita usia subur. Sedangkan untuk POSBINDU, sasaran masyarakat jatuh ke kelompok masyarkat usia 15 tahun ke atas.

Manfaat adanya POSBINDU NARAPRAJA bagi pegawai Badan Kepegawaian Daerah DIY sangat bermacam-macam karena efek yang akan didapat pegawai akan dirasa dalam jangka panjang. Pegawai akan membudayakan gaya hidup yang sehat dengan mengetahui segala risiko yang ada, pegawai akan lebih berwaspada untuk menjaga kesehatannya.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233