Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Hari Rabu tanggal 28 Oktober 2015 Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Bapak Agus Supriyanto selaku inspektur Upacara pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda di Halaman BKD DIY. Upacara diikuti oleh Sekretaris, Kepala Bagian/Bidang/subid/subbag dan seksi di lingkungan BKD serta seluruh PNS BKD DIY.

Kepala BKD membacakan sambutan dari Menpora Imam Nahrawi. Dalam sambutannya Menpora menyampaikan rasa penghargaan dan terima kasih kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. . Sumpah Pemuda menjadi momentum sejarah yang patut untuk terus kita kenang, kita refleksikan, kita pelajari, kita teladani dan kita semaikan spiritnya demi kebangkitan para pemuda Indonesia. Pemuda kita sudah memiliki kesadaran yang sangat tinggi, bahwa tanpa persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa, Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara tidak akan pernah bisa terwujud. Indonesia yang demografi penduduknya umur produktif sangat besar memberikan keuntungan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Peringatan Sumpah Pemuda yang ke 87 kali ini mengambil Tema REVOLUSI MENTAL UNTUK KEBANGKITAN PEMUDA MENUJU AKSI "SATU UNTUK BUMI". Tema ini didasari atas keprihatian yang mendalam  terhadap dua hal.Pertama, fenomena tentang berubahnya pola relasi kemasyarakatan kita akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat pisau bermata dua. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk peningkatan kapasitas pengetahuan dan skill. Sisi lain membawa dampak negatif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya tanpa dapat kita bendung dengan baik. Lahir generasi baru yang memiliki pola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan pragmatik.

Keprihatinan kedua  terkait fenomena pengelolaan Sumber Daya Alam kita yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainability development. Sebagai negara tropis, Indonesia menjadi tumpuan dunia untuk menjaga keseimbangan iklim melalui pasokan oksigennya. Namun, hari ini justru kita menjadi negara yang menyumbang polusi terbesar di kawasan Asia Tenggara melalui kabut asap. Kerusakan yang terjadi merupakan ulah manusia sendiri.

Satu Bumi" dalam tema Hari Sumpah Pemuda ini adalah mengajak Pemuda Indonesia menjadikan bumi ini sebagai suatu nikmat Tuhan yang harus dijaga dan dikembangkan isi serta kekayaannya. 


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233