Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Aparatur Sipil Negara Tahun 2024 Di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY

Bertempat di Bangsal Wiyata Praja Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY hari Kamis, 11 Juli 2024. Sekretaris Daerah DIY, Drs. Beny Suharsono, M.Si. melantik 247 ASN Pejabat Fungsional, yang terdiri dari 12 orang dari unsur PNS dan 235 orang dari unsur PPPK.

“Pelantikan ini harus dimaknai sebagai momentum The Spirit Reborn, lahirnya semangat dan peran baru, sekaligus menjadi pengejawantahan amanah penyederhanaan birokrasi, menuju tataran kaya fungsi dalam semangat inklusifitas”, pesan Beny.

Dalam pidato sambutannya, Sekretaris Daerah DIY menyampaikan bahwa hadirnya pejabat fungsional tak hanya sekadar formalitas, melainkan sebuah langkah nyata dalam meningkatkan kualitas layanan publik di DIY. Pejabat fungsional menjadi ujung tombak, menjadi garda terdepan sekaligus profesional unggul dari setiap OPD. Namun, transformasi tugas dan fungsi ini tentu tidak sederhana. Ia menuntut setiap pejabat fungsional untuk terus mengembangkan kompetensinya. Di tengah meningkatnya kompleksitas kebutuhan masyarakat serta dinamika yang tak henti-hentinya, pengembangan kompetensi menjadi suatu keharusan yang tak bisa ditawar.

Oleh karena itu, perlu dipersiapkan berbagai mekanisme pengembangan kualitas dan profesionalisme Pejabat Fungsional. Sertifikasi, diklat resmi, dan mekanisme lainnya menjadi instrumen penting. Tak hanya itu, Pemda DIY juga perlu mengelaborasi pejabat fungsional dengan pendekatan inovatif, seperti model community of practice dan digital knowledge-based lintas OPD. Upaya ini tak lain untuk menyatukan visi dan misi kita bersama, yang dalam filosofi Jawa dikenal sebagai konsepsi Satya Wacana satunya kata dan perbuatan untuk mencapai tujuan bersama.

Perlu dipersiapkan berbagai mekanisme pengembangan kualitas dan profesionalisme Pejabat Fungsional. Sertifikasi, diklat resmi, dan mekanisme lainnya menjadi instrumen penting. Tak hanya itu, Pemda DIY juga perlu mengelaborasi pejabat fungsional dengan pendekatan inovatif, seperti model community of practice dan digital knowledge-based lintas OPD. Upaya ini tak lain untuk menyatukan visi dan misi bersama, yang dalam filosofi Jawa dikenal sebagai konsepsi Satya Wacana-- satunya kata dan perbuatan untuk mencapai tujuan bersama.

“Selamat bekerja dan mengabdi di ketugasan baru. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa meridhoi kita semua dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara”, ucap Beny.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233