Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Kontingen Sulawesi Selatan yang mengikuti Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) XIII Tahun 2022 tiba di Yogyakarta (20/6/2022). Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Amin Purwani S.H., M.Ec.Dev,  Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah DIY, Drs. Teguh Suhada, M.Si, perwakilan dibidang terkait lainnya menyambut kedatangan Kontingen dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Ketua Umum LPPD Provinsi Sulawesi Selatan, Ellong Tjandra, SE, MM di Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA), Kepek, Palihan, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo.

“Sugeng Rawuh para peserta Kontingen Provinsi Sulawesi Selatan, kami Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam hal ini sebagai OPD Badan Kepegawaian Daerah DIY siap mendukung dan menyukseskan gelaran PESPARAWI Nasional XIII”, ujar Amin.

Badan Kepegawaian Daerah DIY mendukung dan menyambut penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) XIII Tahun 2022 yang digelar pada 19-26 Juni 2022. Peserta pada agenda tersebut berasal dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Kegiatan yang diadakan tiga tahun sekali ini mengusung tema mengusung tema “Harmony in Diversity (Harmoni Dalam Keberagaman)”, dengan harapan kegiatan ini dapat memupuk rasa kesatuan dan penguatan kerukunan umat beragama dan menguatkan moderasi beragama dengan keberagaman baik secara internal ataupun antar umat beragama.

PESPARAWI Nasional (Pesta paduan Suara Gerejawi Tingkat Nasional) yang telah melalui perjalanan yang panjang (kurang lebih 30 tahun) lahir dari semangat untuk memberikan kesaksian kabar baik secara bersama-sama dari gereja-gereja di Indonesia, saat ini tidak lagi eksklusif menjadi milik kalangan gerejawi melainkan telah menjadi milik masyarakat umum. Sejak penyelenggaraan PESPARAWI Nasional I tahun 1983 hingga sekarang, keterlibatan masyarakat luas dari berbagai kalangan agama maupun ras dalam penyelenggaraan PESPARAWI Nasional baik sebagai penyelenggara maupun pengunjung atau penikmat perlombaan menandakan bahwa kegiatan ini telah memberikan aura positif bagi masyarakat Indonesia secara luas.

PESPARAWI merupakan acara rutin yang digelar dalam tiga tahun sekali. Pada gelaran yang ke-XIII ini seharusnya diadakan pada Tahun 2021, namun harus ditunda hingga tahun ini karena pandemi Covid-19. Rangkaian PESPARAWI XIII dimulai dengan karnaval yang dimulai di titik nol Kota Yogyakarta dan berakhir di komplek Kepatihan pada hari Minggu, 19 Juni 2022 pukul 15.30-selesai. Rangkaian acara PESPARAWI sendiri akan berlangsung pada 19-26 Juni 2022. Setiap provinsi di Indonesia akan mengirimkan perwakilannya untuk bertanding di Yogyakarta yang menjadi tuan rumah PESPARAWI XIII.

Pesparawi Nasional XIII mempertandingkan 12 kategori lomba yang terdiri dari Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran, Paduan Suara Dewasa Wanita, Paduan Suara Dewasa Pria, Paduan Suara Remaja Putra Puteri, Paduan Suara Anak (usia 7-13 tahun), Musik Pop Grejawi (MPG), dan Musik Gerejawi Nusantara (MGN), Vocal Group Remaja Putra Puteri, Solo Remaja Putra, Solo Remaja Putri, Solo Anak (usia 7-9 tahun), Solo Anak (usia 10-13 tahun).

Penyelenggaraan lomba PESPARAWI XIII tersebar di empat lokasi, yaitu Gedung Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), Gedung Pertunjukkan Univesitas Negeri Yogyakarta (UNY), Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma (USD), dan Concert Hall Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI).

“Para peserta kontingen harus menjaga stamina, kesehatan, dan istirahat yang cukup agar dapat secara maksimal pada saat perlombaan, Selamat berlomba dan Semoga meraih prestasi yang terbaik”, harap Amin.



Dalam rangka optimalisasi tugas fungsi organisasi perangkat Daerah yang ditinggalkan tenaga bantu pasca penerimaan CPNS 2021, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta membuka kesempatan kepada Masyarakat DIY yang memenuhi syarat untuk mengisi formasi tenaga bantu untuk masa kerja 1 Juli 2022 s.d 31 Desember 2022 (formasi sebagaimana Lampiran l) dengan ketentuan sebagaimana tersebut dapat diunduh pada tautan di bawah ini:


Matematika adalah salah satu ilmu yang paling tua dalam kehidupan manusia. Ilmu matematika merupakan ilmu yang dari waktu ke waktu terus berkembang. Matematika selalu berkembang seperti di Tiongkok pada tahun 300 SM, di India pada tahun 100 M, dan di Arab pada tahun 800 M, hingga zaman Renaisans. Kemudian temuan matematika berinteraksi dengan peningkatan yang cepat di dalam laju penemuan matematika yang berlanjut hingga saat ini.

Tidak heran wajah matematika sering di gambarkan sebagai ilmu yang kering, serius dan membosankan dan juga matematika menjadi mata pelajaran yang paling banyak tidak disukai oleh pelajar karena matematika menuntut kita agar dapat berhitung, memecahkan masalah, berpikir logis, berpikir kritis, sistematis dan juga memahami konsep-konsep matematika.

Kenapa kita harus belajar matematika? Belajar matematika melatih kita menjadi manusia yang lebih teliti, cermat dan tidak ceroboh, matematika melatih kita untuk berpikir sistematis, membuat kita menjadi orang yang sabar dalam menjalani kehidupan. Kegunaan matematika memang sangat penting dan dekat dalam aspek kehidupan. Matematika bahkan bisa membuat manusia memiliki persepsi baru terhadap suatu persoalan.

Menurut Ebbut dan Straker mendifinisikan matematika sebagai berikut:

  1. Matematika sebagai kegiatan penelusuran pola dan hubungan.
  2. Matematika sebagai kreativitas yang memerlukan imajinasi, intuisi dan penemuan.
  3. Matematika sebagai kegiatan pemecahan masalah.
  4. Matematika sebagai alat komunikasi.

Lalu bagaimana matematika bisa di Badan Kepegawaian Daerah? Matematika bisa diterapkan diberbagai bidang apapun dalam kehidupan sehari hari. Seorang matematika yang berwawasan luas akan mengembangkan pemahaman tentang bagaimana ide-ide matematika digunakan dan bagaimana menggunakan proses pemikiran matematika untuk memecahkan suatu permasalahan di kehidupan sehari hari.

Banyak sekali penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari salah satu penerapan matematika di dunia pekerjaan pada Badan Kepegawaian Daerah DI Yogyakarta antara lain:

  1. Analisis regresi liniear berganda digunakan untuk menganalisis pengaruh disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai.
  2. Aritmatika untuk membantu menyusun anggaran belanja pemasukan dan pengeluaran instansi Badan Kepegawaian Daerah.
  3. Penggunaan Algoritma Djikstra untuk informasi geografis pemetaan aset Badan Kepegawaian Daerah.
  4. Rata-rata (mean) dan statistik digunakan untuk menghitung rata-rata anggaran belanja setiap bulan maupun pertahun di BKD.
  5. Teori peluang diterapkan pada target yang harus dicapai oleh peserta CPNS untuk mendapatkan peluang lulus test CPNS.
  6. Regresi linear digunakan untuk pengaruh tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) terhadap semangat kerja aparatur pada Badan Kepegawaian Daerah.
  7. Logika matematika digunakan untuk pengambilan keputusan secara tepat dalam waktu singkat. Para pengambil keputusan harus berlogika matematika untuk meminimalkan dampak terburuk yang sewaktu-waktu dapat terjadi.


Memperhatikan Pengumuman Panitia Seleksi Nomor 821/03614/Pansel JPT DIY/2022 tentang Hasil Seleksi Administrasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY Tahun 2022, bersama ini disampaikan pedoman penulisan makalah bagi peserta seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Daerah DIY dengan ketentuan sebagai berikut:


Memperhatikan Berita Acara Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta tanggal 9 Juni 2022,  Pengumuman lengkap Hasil Seleksi Administrasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Linkungan Pemerintah Daerah DIY Tahun 2022 dapat diunduh pada tautan di bawah ini:


Salah satu elemen penting dalam sebuah bisnis atau perusahaan baik swasta maupun publik adalah service excellent atau pelayanan prima. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat penerapan pelayanan prima sangatlah penting. Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY menyelenggaran Inhouse Training Service Excellent bersama Rumah Mutu Surabaya yang dilaksanakan di hotel Dafam Fortuna Malioboro 6 Juni 2022 diikuti seluruh Pegawai Balai PKP dan perwakilan BKD DIY. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan baik internal maupun eksternal. Materi yang disampaikan oleh Ibu Widayanti Achmad dari Rumah Mutu Surabaya sebagai praktisi dan Trainer High Impact Quality Service Excellent yang sudah sangat berpengalaman di bidang service excellent. Peserta dalam pelatihan ini tidak hanya diberikan materi tentang pelayanan prima namun juga praktek langsung dengan Roleplay dalam memberikan pelayanan sehingga selain dapat memahami teori sekaligus dapat menerapkan langsung teori yang diberikan.

Dalam pelatihan ini Ibu Widayanti Achmad memberikan materi bagaimana menjadi tenaga pelayanan yang handal, memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan serta menumbuhkan kepuasan bekerja karena bisa memuaskan pelanggan. Dalam materi ini peserta diharapkan dapat meningkatkan produktifitas kerja dengan:

  1. memenuhi prinsip-prinsip kepuasan pelanggan,
  2. meningkatkan kualitas pelayanan,
  3. bekerja obyektif dengan kompetensi yang memadai serta efisien,
  4. menguasai teknik dan strategi etika pelayanan
  5. mampu mengoptimalkan kepribadian dalam memberikan pelayanan dan mempertahankan kepuasan pelanggan
  6. mengetahui secara obyektif persepsi pelanggan terhadap produk yang kita berikan.

Dengan menguasai materi-materi yang disampaikan diharapkan kepuasan pelanggan dapat terpenuhi dan konsisten dalam memberikan pelayanan prima.

Pada sesi ini pembicara memberikan materi tentang Sikap dan Kepribadian petugas pelayanan profesional. Sebagai pelayan profesional bagaimana bersikap dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan merupakan nilai dasar yang harus dimiliki. Sikap yang diberikan sangat menentukan kepuasan pelanggan dalam menikmati layanan yang kita berikan sehingga seorang pelayan yang profesional harus memiliki sikap yang tepat agar pelanggan puas dan mau kembali untuk mengakses layanan yang dimiliki. Selain itu kepribadian positif bagi seorang pelayan sangat mempengaruhi dalam memberikan pelayanan, sehingga dituntut untuk mengembangkan diri agar dapat mempengaruhi pelanggan untuk terus menggunakan jasanya. Penampilan seorang pelayan juga tidak kalah pentingnya sehingga dapat memberikan kesan yang baik. Senyum yang tulus, keinginan melayani dengan baik, menghormati, tanggungjawab, terstruktur dalam berpikir sehingga dapat menerapkan metode yang tepat dalam memberikan pelayanan, kesetiaan kepada instansi dan rekan dalam bekerja sama, akal pikiran yang sehat dan logis, cara berbicara yang bijak dan keinginan yang kuat merupakan kunci dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan. Hal ini dapat dicapai dengan terus berlatih mengembangkan diri serta secara konsisten menerapkannya dalam melayani sehari-hari.

Dalam sesi roleplay atau praktek dalam memberikan layanan, peserta dihadapkan pada beberapa situasi dalam pelayanan diantara dalam penyambutan bagaimana peserta dalam memberikan kesan pertama kepada pelanggan, handling complain atau penanganan keluhan pelanggan terhadap layanan yang diberikan dan bagaimana memberikan solusi yang cepat dan tepat sehingga pelanggan dapat menerima dengan baik dan tetap puas terhadap layanan yang diberikan. Dengan praktek ini diharapkan dapat diterapkan pada saat memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan catatan harus selalu konsisten untuk berlatih dan menerapkan Acara Inhouse Training ini ditutup dengan komitmen bersama untuk konsisten menerapkan pelayanan prima dalam setiap kesempatan baik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan internal maupun eksternal sehingga pelayanan yang diberikan memberikan kesan yang baik dan pelanggan akan selalu setia untuk menggunakan layanan yang disediakan. (Wow)


Perlindungan ASN sebagai bagian jaminan keselamatan kerja selama ASN aktif bekerja hingga hari tua merupakan hak ASN mendapat lindungan setelah melaksanakan kewajiban tentunya. Mayoritas ASN belum mengetahui bentuk jaminan yang dimaksud sehingga masih sedikit pegawai yang mengajukan permohonan jaminan tersebut. Dijelaskan pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, perlindungan yang diperoleh adalah Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Bantuan Hukum.

Salah satu jaminan yang diperoleh ASN ketika masih aktif bekerja adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Jaminan yang diperoleh berupa perawatan, santunan, dan tunjangan cacat. Selain itu terdapat Jaminan Kecelakaan Kerja apabila ASN tersebut tewas. Pengelola program adalah PT. Dana Tabungan dan Taspen. Kriteria bagi penerima Jaminan Kecelakaan Kerja telah diatur pada Peraturan BKN Nomor 4 Tahun 2020.

Baca selengkapnya informasi terkait Jaminan Kecelakaan Kerja pada Leaflet dan Video berikut:


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2025 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233